Faktor Kecerdasan Buatan
Kecerdasan
buatan merupakan bagian ilmu komputer yang bertujuan agar komputer
dapat melakukan perkerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan oleh
manusia serta menggabungkan cara berpikir manusia dengan mesin, untuk
pembelajaran, untuk mengambil keputusan dan memecahkan masalah.
Faktor
ini berperan penting dalam pengembangan IMK, sehingga akan menghasilkan
suatu sistem yang benar - benar menyerupai pola berpikir manusia.contoh : robot, expert system ( sistem pakar )
Faktor Rekayasa Perangkat Lunak
Definisi Rekayasa Perangkat Lunak :
1.Instruksi – instruksi yang bila dieksekusi akan memberikan fungsi dan kerja yang diinginkan.
2.Struktur data yang memungkinkan suatu program memanipulasi informasi secara proporsional.
3.Dokumen yang menggambarkan operasi dan kegunaan program.
Faktor
ini merupakan faktor yang dapat menciptakan suatu program yang efektif,
efisien serta user friendly sehingga dihasilkan mesin yang benar –
benar diinginkan oleh pengguna.
Faktor Matematika
Pembuatan suatu produk perangkat lunak ( software ) haruslah efisien dalam perhitungan matematika.
Jika
software dapat dijalankan oleh semua orang, baik yang baru belajar
menggunakan komputer maupun yang telah pakar, maka unsur kemudahan dalam
segi hitungan matematika akan menjadikan software tersebut disukai oleh
banyak orang.
Faktor Ergonomics
Ergonomik berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman.Orang
yang bekerja di depan terminal komputer biasanya untuk jangka waktu
yang cukup lama. Maka bentuk fisik seperti meja dan kursi, monitor,
keyboard, posisi duduk, pengaturan cahaya, kebersihan tempat kerja dan
beberapa aspek lain akan sangat berpengaruh pada kenyamanan lingkungan
kerja.Meskipun
setiap orang memiliki sifat yang berbeda, tetapi mereka pasti
menginginkan adanya lingkungan kerja yang nayaman ketika mereka bekerja
dengan komputer.
Faktor Psikologi
Pemahaman
terhadap psikologi orang yang akan menggunakan software sangatlah
dibutuhkan dalam IMK, mengingat setiap pengguna memiliki sifat dan
karakteristik yang berbeda.
Dalam perancangan program, harus diperhatikan :
1.Siapa orang yang akan menggunakan program tersebut.
2.Bagaimana lingkungannya.
3.Bagaimana prilaku mereka secara umum sehingga hasil program dapat lebih user friendly.
Faktor Perancangan Grafik
Ada
sebuah pepatah, “Sebuah gambar memiliki sejuta makna“. Dalam dunia
komputer, hal ini dapat diartikan bahwa gambar dapat digunakan sebagai
sarana dialog yang cukup efektif antara manusia dengan komputer.
Dengan multimedia, tampilan dari suatu interaksi akan menjadi lebih menarik dan lebih mudah dimengerti oleh pengguna.
Contoh
: anak – anak sudah bisa memainkan game dengan komputer karena ada
banyak konteks multimedia didalamnya (gambar, suara, teks, grafik, dsb)
Faktor Linguistik
Saat
kita menggunakan komputer, seolah – olah kita sedang melakukan dialog
dengan komputer yang ada dihadapan kita. Untuk dapat berdialog, tentunya
kita membutuhkan sarana komunikasi (bahasa) yang memadai.Peranan
bahasa yang digunakan sebagai antar muka sangat penting, agar user
lebih mudah menggunakan sistem dan tidak terjadi kesalahpahaman.Linguistik
merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang bahasa. Beberapa aspek
seperti komputasi linguistik dan teori bahasa formal membentuk bidang
khusus dalam ilmu komputer.
FAKTOR ERGONOMIK
Faktor
ini berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja
yang nyaman. Letak meja, kursi, monitor, keyboard, mouse, posisi duduk,
pengaturan pencahayaan, kebersihan dan berbagai aspek lain akan sangat
berpengaruh terhadap interaksi manusia dengan komputer yang digunakan.
FAKTOR SOSIOLOGI
Faktor
ini berhubungan dengan pengaruh sistem komputer dalam struktur sosial.
Pada intinya faktor ini merupakan konteks dari suatu interaksi.
Sumber : http://irawanversie.blogspot.com/2013/01/interaksi-manusia-dan-komputer.html
Sumber : http://irawanversie.blogspot.com/2013/01/interaksi-manusia-dan-komputer.html
0 komentar:
Posting Komentar